Formulir Pendaftaran

Nama

Email *

Pesan *

 HALAMAN 13 MODUL 2 

BIDANG MIRING DAN KATROL

Tujuan pembelajaran Materi belajar kali ini adalah 

1.mengidentifikasi besarnya usaha dan gaya yang diperlukan untuk memindahkan benda dengan bidang miring 

2.menentukan keuntungan mekanik sebuah bidang miring yang memiliki kemiringan tertentu

3.mengidentifikasi bentuk-bentuk penerapan prinsip bidang miring dalam kehidupan sehari-hari

4.mengidentifikasi besarnya usaha dan gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda dengan katrol tunggal diam dan bergerak

5.mengidentifikasi besarnya usaha dan gaya yang diperlukan untuk mengangkat benda dengan katrol majemuk

6.menentukan besarnya keuntungan mekanik katrol diam dan bergerak 

2.Bidang Miring


       Jenis pesawat sederhana selanjutnya adalah bidang miring. Bidang miring merupa kan salah satu jenis pesawat sederhana yang digunakan untuk memindahkan suatu barang menggunakan bidang miring. Sesuai dengan namanya, bidang miring merupakan sebuah bidang miring yang digunakan untuk memindah kan  sebuah benda ke ketinggian tertentu

Semua benda yang memiliki bidang miring atau bekerja dengan prinsip kemiringan disebut dengan bidang miring. Memanfaatkan bidang miring akan membuat beban yang berat dapat dipindahkan ketempat yang lebih tinggi dengan lebih mudah. Artinya gaya yang digunakan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan tidak menggunakan bidang miring.

Semakin landai bidang miring yang digunakan, maka semakin ringan gaya yang harus dikeluarkan. Contoh benda yang meggunakan prinsip bidang miring dalam kehidupan sehari-hari adalah kapak, pisau, obeng, sekrup.

Contoh lainnya bisa kita lihat pada bentuk jalan yang dibuat di daerah pegunungan. Jalanan yang dibuat berkelok-kelok akan membuat pengendara kendaraan bermotor lebih mudah ketika melewati jalan yang menanjak. Dengan begitu, jarak yang harus ditempuh menjadi semakin jauh sehingga akan memakan banyak waktu.

Manfaat Menggunakan Jenis Pesawat Sederhana Bidang Miring

Keuntungan menggunakan bidang miring tergantung dari panjang landasan bidang miring dan ketinggiannya. Semakin kecil sudut kemiringan suatu bidang, maka semakin besar keuntungan mekanisnya atau semakin kecil gaya kuasa yang harus dikerjakan.

Manfaat bidang miring dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti pada tangga dan suatu jalan pada daerah pegunungan.Manfaat tersebut dinamakan Keuntungan Mekanis Bidang miring dan dirumuskan sebagai berikut:

3.Katrol

Ilustrasi Katrol / Sumber: Pixabay

Jenis pesawat sederhana yang ketiga adalah katrol. Katrol merupakan roda yang berputar pada sebuah poros yang diberi tali atau rantai pada bagian sisinya. Katrol berfungsi untuk mengangkat suatu benda atau menarik suatu beban.

Secara prinsip, katrol merupakan pengungkit karena memiliki titik tumpu, kuasa, dan beban. Katrol dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol ganda (takal), dan blok katrol.

Katrol Tetap

Katrol tetap adalah katrol yang posisinya tidak berpindah ketika dioperasikan. Katrol jenis ini sering dipasang di tempat-tempat tertentu. Seperti contohnya katrol yang dipakai sumur timba dan pada tiang bendera.

Pada jenis katrol tetap, panjang lengan kuasa sama dengan lengan beban sehingga keuntungan mekanik pada katrol tetap adalah 1, yang berarti gaya kuasa sama dengan gaya beban.

Katrol Bebas

  Tidak sama dengan jenis katrol tetap, di katrol bebas posisi atau kedudukan katrol tidak tetap atau berubah dan tidak dipasang pada tempat tertentu. Katrol jenis ini sering ditempatkan di atas tali yang kedudukannya bisa dirubah.

Salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu. Apabila ujung lainnya ditarik maka katrol akan bergerak. Katrol jenis ini bisa ditemukan pada alat-alat pengangkat peti kemas yang ada di pelabuhan.

Pada katrol bebas, panjang lengan kuasa sama dengan dua kali panjang lengan bebas menjadikan keuntungan mekanik pada katrol tetap adalah 2, yang berarti gaya kuasa sama dengan setengah dari gaya beban.

Katrol Ganda



Katrol ganda adalah perpaduan antara katrol tetap dengan katrol bebas. Kedua katrol ini dihubungkan dengan tali. Pada katrol ganda, beban dikaitkan pada katrol bebas. Salah satu ujung tali dikaitkan dengan penampang katrol tetap. Jika ujung tali yang lainnya ditarik maka beban akan terangkat ke atas.

Ketika menggunakan katrol ganda, gaya yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan dengan katrol bebas dan katrol tetap. Tetapi, kinerja katrol ganda bergantung pada banyaknya tali yang digunakan untuk mengangkat suatu beban.


4.RODA BERPOROS

Roda digunakan untuk memindahkan benda agar lebih ringan, roda memiliki sebuah poros dan bisa berputar pada porosnya.Salah satu contoh roda adalah roda sepeda atau sepeda motor yang biasa kamu naiki Jenis-Jenis Roda di antaranya adalah :

1.Roda Setali

Roda setali, yaitu dua buah roda atau lebih yang dihubungkan dengan tali. Contohnya :Roda sepeda yang dihubungkan dengan rantai, dan roda sepeda motor yang dihubungkan dengan rantai.Bila besarnya R1 lebih besar daripada R2,maka keuntungan mekaniknya KM< 1,sedangkan kecepatan roda 2 lebih besar daripada roda 1.Dan rangkaian roda disebut sebagai multiplier kecepatan.Roda multiplier memperbesar kecepatan namun mengurangi daya.

Bila jari-jari roda 1 lebih kecil daripada roda 2,maka keuntungan mekaniknya KM> 1,sedangkan kecepatan roda 2 lebih kecil daripada roda 1. Dan rangkaian roda disebut roda reduksi.Roda reduksi memperbesar daya namun mengurangi kecepatan.

2.Roda Sepusat/Konsentrik

Roda sepusat, yaitu dua buah roda atau lebih yang memiliki pusat yang sama.

Contohnya : Roda pada mobil truk,roda gir bagian belakang sepeda berpresnelling .

 keuntungan mekaniknya merupakan perbandingan jari-jari roda dalam dengan roda luar

Roda bersinggungan

Gigi roda merupakan contoh pesawat sederhana.Gigi roda banyak digunakan pada mesin-mesin mobil, sepeda motor, dan sepeda.Pernahkah kamu memperhatikan ketika kamu naik sepeda? Ketika kamu melewati tanjakan, sepeda kamu akan terasa berat. Hal ini dikarenakan tarikan gaya gravitasi yang bekerja pada badan dan sepedamu. Sepeda masa kini telah dilengkapi dengan gigi roda yang lebih dari satu.Gigi roda ini berfungsi meningkatkan atau menurunkan putaran.

Ketika sepeda akan melewati tanjakan, kamu pasti memindahkan gigi roda belakang sedemikian rupa sehingga rantai akan terhubung dengan gigi roda yang paling besar. Gigi roda depan yang berhubungan langsung dengan pedal tempat mengayuh pun diubah sedemikian rupa sehingga rantai akan terhubung pada gigi roda yang paling kecil. Hal ini mengakibatkan laju sepeda akan melambat, tetapi kamu akan merasakan kayuhan kakimu menjadi ringan. Sehingga dengan gaya sama seperti digunakan untuk mengayuh sepeda pada jalan datar, kamu dapat melewati tanjakan.

Nah demikian pelajaran kali ini dan untuk memantapkan pengetahuan kalian tentang pesawat sederhana,maka simaklah video berikut ini :


Setelah menyimak video di atas maka kerjakan soal-soal evaluasi berikut ini.Dan bila sudah selesai kirimkan hasilnya ke email  Guru kalian.

SOAL EVALUASI

1.Apakah perbedaan pengertian  utama antara usaha dalam mekanika dengan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari?

2.Bagaimana cara mempermudah usaha ?Jelaskan !

3 Bagaimana cara menentukan besarnya usaha mekanik ?

4.Bagaimana hubungan antara usaha mekanik dengan energi yang dimiliki benda ?

5.Apa yang dimaksud dengan pesawat sederhana?

6.Sebutkkan contoh-contoh pesawat sederhana yang dapat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari !

7.Apa yang dimaksud dengan keuntungan mekanik?

8.Jelaskan maksud pernyataan bahwa pesawat sederhana tidak mengurangi penggunaan energi namun hanya mempermudah usaha !

9.Jelaskan mengapa mata pisau harus diasah agar tajam dan mudah mengiris ?

10.Mungkin kamu pernah melihat orang memasang tiang listrik dari beton.Tiang listrik tersebut beratnya hampir 700 kg.Andainya diangkat olehh manusia membutuhkan 100 orang agar mudah mengangkat.Namun pekerja PLN hanya tiga orang saja bisa menegakkan tiang tersebut.Mereka memakai katrol majemuk yang terdiri dari rangkaian katrol tetap dan beberapa katrol bebas.Mengapa pilihannya memakai katrol tersebut?Mengapa bukan tuas atau bidang miring atau roda ?

11.Jelaskan mengapa ketika melewati jalanan menanjak kita harus mengatur persnelling sepeda motor kita ke gigi yang lebih kecil?Bagaimana jika tetap distel gigi besar ?

 <<<Materi belajar sebelumnya           Materi Belajar Berikutnya >>>

kembali ke RUANG BELAJAR KELAS 8






Leave a Reply

Untuk siswa-siswa smp yang mengakses laman ini mohon beri komentar usulan atau kritik untuk perbaikan dan penyepurnaan

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © LENSA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -