Formulir Pendaftaran

Nama

Email *

Pesan *

Materi Halaman 10 Modul 2 DOWNLOAD DI SINI

 USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Pembelajaran materi berikut ini memiliki tujuan agar siswa dapat memenuhi kompetensi sebagai berikut ini :

3.3.Menjelaskan konsep usaha,pesawat sederhana,dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

4.3.Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalamkehidupan sehari-hari.


A.Orientasi

Agar kalian bisa fokus mempelajari materi belajar kali ini,maka fokuskan belajar kalian pada orientasi masalah-masalah berikut 

 Apakah yang dimaksud dengan usaha dalam mekanika?

Bagaimana cara mempermudah usaha ? Bagaimana cara menentukan besarnya usaha mekanik ?Bagaimana hubungan antara usaha mekanik dengan energi yang dimiliki benda ?

Apa sih sebenarnya pesawat itu? Bagaimanakah pesawat sederhana?Apa sajakah pesawat sedrhana itu ? Bagaimana cara kerjanya? Apa keuntungan memakai pesawat sederhana dalam menyelesaikan masalah mekanika?Apa yang dimaksud keuntungan mekanis itu ? Bagaimana menentukan keuntungan mekanis dari pesawat sederhana sesuai dengan jenisnya?

Pada modul belajar IPA ini kalian akan mempelajariHal-hal yang berkaitan dengan usaha mekanik yang dilakukan oleh gaya yang bekerja pada benda dan juga tentang pesawat sederhana,jenis-jenisnya serta cara menentukan keuntungan     mekanik ketika kita menggunakan alat tersebut.

***


B.Literasi

Nah untuk menjawab semua permasalahan tersebut mari kita pelajari tentang usaha dan pesawat sederhana yang diterapkan pada kehidupan manusia di sekitar kita.Siapkan buku-buku teks paket IPA kelas 8 . Apabila kalian tidak mempunyai buku- buku tersebut,kalian boleh meminjam buku-buku IPA dari perpustakaan sekolah atau mendownload buku IPA dari internet dengan laptop atau gadget kalian.

Alamat URL untuk mendownload buku : www.lensakebenaran.blogspot.com

Setelah kalian siapkan buku-buku dan bahan-bahan belajar,maka bacalah dengan metoda baca cepat dalam hati,berilah tanda dengan spotlight (stabillo) atau garis bawah pada kata-kata atau kalimat penting yang bisa menjadi rujukan atau argumentasi untuk menjawab masalah-masalah yang tertulis pada papan orientasi di atas.

Setiap kalian temukan suatu teks yang menurut kalian merupakan argumentasi yang tepat untuk menjawab permasalahan di atas,salinlah teks tersebut di lembar catatan sementara sebagai data yang akan kalian jadikan bahan presentasi di depan kelas . Kemudian bandingkan dengan Konsep Usaha pada Materi Pokok Modul Belajar Mandiri  ini.Bila ada perbedaan yang saling melengkapi,maka tambahkan pada buku catatan kalian.namun bila ada perbedaan yang saling bertentangan,maka diskusikan dengan teman kelompok kalian sebelum dipresentasikan di depan kelas.Guru akan menjelaskan perbedaan tersebut pada saat diskusi kelas.Oleh sebab itu siapkan daftar pertanyaan yang akan kalian sampaikan pada diskusi tersebut terlebih dahulu.

Pada saat diskusi kelas berlangsung maka setiap kelompok kerja harus aktif dan menunjuk salah satu anggota sebagai notulis yang bertugas menuliskan hasil-hasil diskusi dalam buku progres kelas.

C.MATERI PEMBELAJARAN

Pengertian usaha dalam konteks mekanika berbeda dengan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari.Coba tuliskan apa pengertian usaha dalam kehidupan kalian sehari-hari! Bagaimana maksud pernyataan”Orang itu tak pernah usaha,makanya ia selalu gagal” ?

.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Dalam ilmu mekanika,pengertian usaha adalah besarnya perubahan posisi benda yang diakibatkan oleh gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut.Contohnya pada peristiwa sebagai berikut :

Seorang siswa mendorong sebuah meja dengan gaya otot yang dimilikinya.Gaya yang diberikan oleh siswa tersebut pada meja menyebabkan meja bergeser berubah posisi/berpindah tempat.Maka dapat dikatakan bahwa siswa tersebut telah melakukan usaha,atau gaya otot yang bekerja pada meja telah melakukan usaha.

Bila dalam kasus di atas gaya yang diberikan oleh siswa tidak menyebabkan meja berpindah tempat ,maka dapat dikatakan bahwa siswa tersebut tidak melakukan usaha,atau gaya otot yang bekerja pada meja tidak melakukan usaha karena meja tidak berubah posisi. 

Jika jumlah gaya yang bekerja pada sebuah benda memiliki resultan sama dengan nol,maka gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut dikatakan tidak melakukan usaha atau usahanya=0.

Jika gaya-gaya yang bekerja pada sebuah enda tidak menyebabkan benda tersebut berubah posisinya,maka gaya-gaya tersebut tidak melakukan usaha pada benda atau dikatakan bahwa usaha gaya-gaya tersebut besarnya = 0.

Perhatikan gambar berikut !


Secara matematika usaha (W) dituliskan sebagai hasil kali skalar antara gaya yang bekerja (F) dengan perpindahan benda ( s ).
W=F.s  ,
dengan 
W= usaha satuannya newton-meter atau joule
F  = gaya satuannya newton (N)                                                      
dan s= perpindahan benda satuanya meter(m)
Dalam sistem satuan Internasional (SI) besarnya usaha memiliki satuan  Joule dengan memperhatikan rumus di atas maka kita dapat mengetahui bahwa :
1 joule(J) = 1 newton-meter ( Nm),sehingga definisi satuan 1 joule adalah besarnya usaha yang dilakukan oleh sebuah gaya sebesar 1 newton yang memindahkan benda sejauh 1 meter
Kita tahu bahwa 1 meter = 100 cm,dan 1 Newton = 100.000 dyne,maka satuan usaha dalam sistem CGS                   

1Joule=100000 dyne x 100 cm atau 10.000.000 dyne-cm
Karena 1 dyne-cm = 1 erg,maka 
1 joule = 107 erg
Untuk memahami tentang usaha dan besaran-besaran fisika yang mempengaruhi besarnya usaha,maka lakukan kegiatan ini dengan kelompok kerjamu !
KEGIATAN 1
IDENTIFIKASI USAHA MEKANIK
TUJUAN : Mengidentifikasi pengertian usaha dan besaran yang mempengaruhi besarnya.
Alat dan bahan : meja datar,buku tulis,troli,katrol,beban bercelah.
CARA KERJA:
Ambil buku tulismu letakkan di atas meja datar,lalu tariklah meja hingga berpindah tempat sejauh 1 meter.
Apakah meja mengalami perpindahan ?Terhadap apa?
Jawab: ............,terhadap...................................................
Apakah buku berpindah tempat ? Apa alasanmu ?
Jawab:................,alasannya.......................................................................................................................................................
Siapkan alat troli,benang,dan beban bercelah dan rakitlah semua peralatan tersebut seperti gambar 

3. Aturlah troli sehingga jaraknya dari katrol sejauh 1 meter., besarnya beban mula-mula 10 gram lalu lepaskan apakah troli bergerak ? mengapa?
Jawab: ............,sebab.....................................................
........................................................................................
4. Ulangi lagi langkah kerja di atas dengan menambah beban menjadi 20 gram,25 gram,30 gram dan seterusnya hingga troli bergerak menuju katrol.
Pada besar beban berapa troli kelihatan tepat akan bergerak ?........................gram
Perhatikan kecepatan gerak troli dan jarak tempuh maksimumnya.
Bagaimana kecepatan gerak troli jika beban bertambah besar?
Jawab:.Jika beban bertambah besar,maka kecepatan troli akan semakin.......................................
Bagaimana jarak tempuh troli jika beban bertambah besar?
Jawab: jarak tempuh maksimum troli akan semakin .........
Dari percobaan di atas maka dapat disimpulkan bahwa usaha mekanik tergantung pada besaran : Gaya berat beban(F) dan jarak tempuh troli (s).
DISKUSI: 
1.Apakah pada saat kamu menarik meja ,buku di atas meja tersebut terlihat berpindah tempat dari meja ?
2.Apakah itu berarti kamu melakukan usaha terhadap meja dan buku ?Apa alasan kamu?
3.Pada saat beban berceah yang kamu pasang masih terlalu kecil,apakah troli bergerak dan berpindah tempat ?
4.Apakah itu berarti gaya berat beban tidak melakukan usaha terhadap troli ? apa alasan kamu ?
5.Cobalah dipikirkan ,mengapa untuk menggerakkan troli perlu beban bercelah dengan berat tertentu,jika kurang dari itu tidak bergerak,dan jika lebih dari itu bergerak bahkan semakin berat beban bercelah yang kamu pasang semakin cepat troli bergerak !? Hasil diskusi kamu kirim dalam bentuk video dengan durasi maksimal 3 menit 
TUGAS 1
Usaha mekanik erat kaitannya dengan energi yang dimiliki benda.Carilah informasi di buku IPA perpustakaan atau di internet tentang usaha dan energi mekanik.Lalu buatlah artikel mengenai : HUBUNGAN ANTARA USAHA DAN ENERGI MEKANIK
Kumpulkan hasilnya ke Pak Guru setelah materi pelajaran selesai kamu pelajari

Materi Belajar Berikutnya Di Halaman 11















Leave a Reply

Untuk siswa-siswa smp yang mengakses laman ini mohon beri komentar usulan atau kritik untuk perbaikan dan penyepurnaan

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © LENSA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -