Formulir Pendaftaran
Materi Halaman 10 Modul 2 DOWNLOAD DI SINI
USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Pembelajaran materi berikut ini memiliki tujuan agar siswa dapat memenuhi kompetensi sebagai berikut ini :
3.3.Menjelaskan
konsep usaha,pesawat sederhana,dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari,termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
4.3.Menyajikan
hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalamkehidupan sehari-hari.
A.Orientasi
Agar kalian bisa fokus mempelajari materi belajar kali ini,maka fokuskan belajar kalian pada orientasi masalah-masalah berikut
Apakah yang dimaksud dengan usaha dalam mekanika?
Bagaimana cara mempermudah usaha ? Bagaimana cara menentukan besarnya usaha mekanik ?Bagaimana hubungan antara usaha mekanik dengan energi yang dimiliki benda ?
Apa sih sebenarnya pesawat itu? Bagaimanakah pesawat sederhana?Apa sajakah pesawat sedrhana itu ? Bagaimana cara kerjanya? Apa keuntungan memakai pesawat sederhana dalam menyelesaikan masalah mekanika?Apa yang dimaksud keuntungan mekanis itu ? Bagaimana menentukan keuntungan mekanis dari pesawat sederhana sesuai dengan jenisnya?
Pada modul belajar IPA ini kalian akan mempelajariHal-hal yang berkaitan dengan usaha mekanik yang dilakukan oleh gaya yang bekerja pada benda dan juga tentang pesawat sederhana,jenis-jenisnya serta cara menentukan keuntungan mekanik ketika kita menggunakan alat tersebut.
***
B.Literasi
Nah untuk menjawab semua permasalahan tersebut mari kita pelajari tentang usaha dan pesawat sederhana yang diterapkan pada kehidupan manusia di sekitar kita.Siapkan buku-buku teks paket IPA kelas 8 . Apabila kalian tidak mempunyai buku- buku tersebut,kalian boleh meminjam buku-buku IPA dari perpustakaan sekolah atau mendownload buku IPA dari internet dengan laptop atau gadget kalian.
Alamat URL untuk mendownload buku : www.lensakebenaran.blogspot.com
Setelah kalian siapkan buku-buku dan bahan-bahan belajar,maka bacalah dengan metoda baca cepat dalam hati,berilah tanda dengan spotlight (stabillo) atau garis bawah pada kata-kata atau kalimat penting yang bisa menjadi rujukan atau argumentasi untuk menjawab masalah-masalah yang tertulis pada papan orientasi di atas.
Setiap kalian temukan suatu teks yang menurut kalian merupakan argumentasi yang tepat untuk menjawab permasalahan di atas,salinlah teks tersebut di lembar catatan sementara sebagai data yang akan kalian jadikan bahan presentasi di depan kelas . Kemudian bandingkan dengan Konsep Usaha pada Materi Pokok Modul Belajar Mandiri ini.Bila ada perbedaan yang saling melengkapi,maka tambahkan pada buku catatan kalian.namun bila ada perbedaan yang saling bertentangan,maka diskusikan dengan teman kelompok kalian sebelum dipresentasikan di depan kelas.Guru akan menjelaskan perbedaan tersebut pada saat diskusi kelas.Oleh sebab itu siapkan daftar pertanyaan yang akan kalian sampaikan pada diskusi tersebut terlebih dahulu.
Pada saat diskusi kelas berlangsung maka setiap kelompok kerja harus aktif dan menunjuk salah satu anggota sebagai notulis yang bertugas menuliskan hasil-hasil diskusi dalam buku progres kelas.
C.MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian usaha dalam konteks mekanika berbeda dengan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari.Coba tuliskan apa pengertian usaha dalam kehidupan kalian sehari-hari! Bagaimana maksud pernyataan”Orang itu tak pernah usaha,makanya ia selalu gagal” ?
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Dalam ilmu mekanika,pengertian usaha adalah besarnya perubahan posisi benda yang diakibatkan oleh gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut.Contohnya pada peristiwa sebagai berikut :
Seorang siswa mendorong sebuah meja dengan gaya otot yang dimilikinya.Gaya yang diberikan oleh siswa tersebut pada meja menyebabkan meja bergeser berubah posisi/berpindah tempat.Maka dapat dikatakan bahwa siswa tersebut telah melakukan usaha,atau gaya otot yang bekerja pada meja telah melakukan usaha.
Bila dalam kasus di atas gaya yang diberikan oleh siswa tidak menyebabkan meja berpindah tempat ,maka dapat dikatakan bahwa siswa tersebut tidak melakukan usaha,atau gaya otot yang bekerja pada meja tidak melakukan usaha karena meja tidak berubah posisi.
Jika jumlah gaya yang bekerja pada sebuah benda memiliki resultan sama dengan nol,maka gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut dikatakan tidak melakukan usaha atau usahanya=0.
Jika gaya-gaya yang bekerja pada sebuah enda tidak menyebabkan benda tersebut berubah posisinya,maka gaya-gaya tersebut tidak melakukan usaha pada benda atau dikatakan bahwa usaha gaya-gaya tersebut besarnya = 0.
Perhatikan gambar berikut !